Transfer IP

Panduan Transfer IPv4

Transfer IPv4 diizinkan di wilayah IDNIC jika transfer memenuhi kebijakan transfer IPv4. Kebijakan transfer ini memungkinkan mereka yang membutuhkan alamat IPv4 untuk menerima dari mereka yang memiliki alamat IPv4 yang tidak digunakan. Transfer berdasarkan kebijakan ini hanya melibatkan alamat IPv4 dan membantu memastikan alamat IPv4 terdaftar dengan benar kepada mereka yang menggunakannya.

Kriteria kebijakan ini menguraikan apa yang harus dipenuhi oleh sumber dan penerima. Secara khusus, penerima harus menunjukkan perlunya alamat IPv4 yang diusulkan untuk ditransfer.

 

Bagaimana cara memulai transfer ?

 

Transfer antar anggota IDNIC-APJII

Syarat Transfer IPv4

  1. IPv4 yang akan di transfer tidak memiliki outstanding invoice.
  2. IPv4 yang akan di transfer telah dimiliki minimal 5 tahun.
  3. Perusahaan/Instansi pihak penerima transfer harus merupakan anggota IDNIC-APJII.
  4. Bagi pemilik IP:
    1. Lampiran surat resmi perihal "Surat Keterangan Transfer IP Address" yang bertanda-tangan pejabat berwenang serta cap perusahaan *. Sebagai contoh dapat dilihat pada halaman ini.
  5. Bagi calon penerima IP:
    1. Lampiran surat resmi perihal "Surat Pernyataan Kesediaan Menerima Transfer IPv4 Address" yang bertanda-tangan pejabat berwenang serta cap perusahaan *. Sebagai contoh dapat dilihat pada halaman ini.
    2. Utilisasi IPv4 address yang sudah dialokasikan sebelumnya sebesar 80%. Untuk mengetahui silakan menghubungi hostmaster@idnic.net / helpdesk@idnic.net
    3. Mengisi form request IPv4 address yang dapat dilihat pada halaman ini dan dilampirkan pada "body" email
    4. Mengirimkan Network Diagram perusahaan/instansi Anda dalam bentuk attachment *
    5. Mengirimkan bukti pembelian perangkat berupa invoice pembelian dari jenis perangkat yang membutuhkan IPv4 address publik seperti: Router, Switch, Server atau lainnya dalam bentuk attachment *

Prosedur

  1. Anggota pemilik IP mengirimkan permintaan transfer melalui email ke hostmaster@idnic.net / helpdesk@idnic.net dengan melampirkan syarat-syarat di atas dengan tata cara pengiriman email yang dapat dilihat pada halaman ini dan pastikan Anda mendapatkan nomor tiket.
  2. Setelah permintaan transfer diterima, IDNIC-APJII akan mengevaluasi transfer berdasarkan kriteria transfer IPv4. Perhatikan bahwa akun penerima perlu mengakui transfer dalam waktu 30 hari setelah dimulai oleh akun sumber, atau permintaan transfer akan dibatalkan.

Catatan untuk pengiriman email:

  • * Attachment yang diterima dan dapat diproses adalah dalam format file: [JPG, BMP atau GIF].
  • Pengirim email wajib menggunakan email yang bernama domain perusahaan Anda atau email lain yang dapat dipertanggung jawabkan. Tidak menggunakan email umum seperti (yahoo, hotmail, gmail, dan lain-lain).