Prosedur Keterlambatan Pembayaran

Peraturan ini tertuang dalam Surat Keputusan Nomor: 009/SK.DEWAS-DERUS/IX-06/2012 

IDNIC-APJII akan mengirimkan notifikasi pengingat jika pembayaran tidak diterima setelah tanggal berakhirnya invoice penagihan perpanjangan.

 

Reminder 1 (R-1)

Tim IDNIC-APJII akan melakukan reminder pertama (R-1) pada 15 hari setelah invoice di keluarkan atau 15 hari sebelum tanggal invoice jatuh tempo.

  • Email pengingat pertama akan dikirimkan ke daftar email pada perusahan terkait yang berisikan pengingat kepada Anggota bahwa 15 hari kedepan akan memasuki masa due date terhadap invoice terkait.
  • Jika karena alasan tertentu pembayaran tidak dapat dilakukan atau pembayaran telah dilakukan tetapi belum mencapai IDNIC-APJII, Anggota perlu segera menghubungi IDNIC-APJII.

 

Reminder 2 (R-2)

Tim IDNIC-APJII akan melakukan reminder kedua (R-2) setelah 30 hari atau tanggal pada tanggal jatuh tempo setelah invoice di keluarkan.

  • Email pengingat kedua akan dikirimkan ke daftar email pada perusahan terkait yang berisikan pengingat kepada Anggota bahwa invoice terkait telah memasuki tanggal due date.
  • Jika karena alasan tertentu pembayaran tidak dapat dilakukan atau pembayaran telah dilakukan tetapi belum mencapai IDNIC-APJII, Anggota perlu segera menghubungi IDNIC-APJII.

 

Reminder 3 (R-3)

Jika pembayaran tidak diterima oleh IDNIC-APJII dalam waktu 15 hari sejak tanggal berakhirnya invoice penagihan perpanjangan:

  • Email pengingat ketiga akan dikirimkan ke daftar email pada perusahan terkait yang berisikan pengingat kepada Anggota bahwa invoice terkait telah melewati 15 hari dari tanggal due date.
  • Jika karena alasan tertentu pembayaran tidak dapat dilakukan atau pembayaran telah dilakukan tetapi belum mencapai IDNIC-APJII, Anggota perlu segera menghubungi IDNIC-APJII.

Pada situasi ini, status Anggota ditangguhkan dan segala permintaan resource lainnya yang akun Anda lakukan tidak dapat dilayani.

 

Surat Peringatan Pertama (SP-1)

Jika pembayaran tidak diterima oleh IDNIC-APJII dalam waktu 30 hari sejak tanggal berakhirnya invoice penagihan perpanjangan:

  • Email peringatan pertama untuk tindakan segera akan dikirim ke semua kontak yang terdapat pada daftar di perusahaan terkait.
  • Anggota akan dihubungi melalui telepon untuk mengingatkan mereka tentang rekening yang telah jatuh tempo.
  • Jika IDNIC-APJII tidak dapat menghubungi Kontak Penagihan yang ditunjuk melalui telepon atau email, IDNIC-APJII akan menggunakan cara lain untuk menemukan alamat email kontak atau nomor telepon Anggota yang diperbarui.

 

Surat Peringatan Kedua (SP-2)

Jika pembayaran tidak diterima oleh IDNIC-APJII dalam 45 hari sejak tanggal berakhirnya invoice penagihan perpanjangan:

  • Email peringatan kedua, atau dapat juga ditindaklanjuti dengan panggilan telepon, memperingatkan Anggota bahwa jika pembayaran tidak diterima dalam 15 hari kedepan maka akan dikeluarkan Peringatan ketiga (SP-3).
  • Jika karena alasan tertentu pembayaran tidak dapat dilakukan atau pembayaran telah dilakukan tetapi belum mencapai IDNIC-APJII, Anggota perlu segera menghubungi IDNIC-APJII.

 

Surat Peringatan Ketiga (SP-3)

Jika pembayaran tidak diterima oleh IDNIC-APJII dalam 60 hari sejak tanggal berakhirnya invoice penagihan perpanjangan:

  • Email peringatan ketiga, atau dapat juga ditindaklanjuti dengan panggilan telepon, memperingatkan Anggota bahwa jika pembayaran tidak diterima dalam 15 hari kedepan maka akan dilakukan tindakan terminate layanan.
  • Jika karena alasan tertentu pembayaran tidak dapat dilakukan atau pembayaran telah dilakukan tetapi belum mencapai IDNIC-APJII, Anggota perlu segera menghubungi IDNIC-APJII.


Semua hak yang terkait dengan keanggotaan, termasuk hak untuk menggunakan internet resource yang dialokasikan oleh IDNIC, dapat dicabut dan dipulihkan oleh IDNIC.

 

Pencabutan Layanan (Terminate)

Jika pembayaran tidak diterima oleh IDNIC-APJII dalam waktu 75 hari sejak tanggal berakhirnya invoice penagihan perpanjangan:

  • Pemberitahuan penutupan akan dikirim melalui email ke semua kontak yang tercatat memberi tahu mereka bahwa layanan IP telah dihentikan.
  • Semua hak yang terkait dengan keanggotaan, termasuk hak untuk menggunakan internet resource yang dialokasikan oleh IDNIC, akan dicabut dan dipulihkan.
  • Jika IDNIC-APJII tidak menerima tanggapan apa pun dalam waktu 15 hari atas email pencabutan layanan yang lewat waktu ini dan Anggota gagal mengirimkan pembayaran, IDNIC-APJII mencabut resource terkait.

Semua layanan yang tersedia untuk Anggota tidak akan dapat diakses.

 

Pengaktifan Kembali

Mantan Anggota dapat menghubungi IDNIC-APJII dan meminta pengaktifan kembali akun keanggotaan mereka.

Pengaktifan kembali akun keanggotaan baik karena sudah berakhir jangka waktu sewa Layanan (tidak diperpanjang/non aktif). Maka Anggota tersebut dapat mengajukan permohonan pendaftaran kembali (re- apply)  setelah 1 (satu) tahun, dengan ketentuan disetujui oleh IDNIC dan apabila Layanan tersebut masih tersedia di IDNIC. 

Untuk mengaktifkan kembali akun yang ditutup, Kontak Perusahaan harus mengirim email ke helpdesk@idnic.net dan memberikan nama akun keanggotaan untuk pengaktifan kembali dan rincian kontak terbaru.

Jika permohonan pengaktifan kembali tersebut disetujui oleh IDNIC, maka  akan diberlakukan ketentuan pengajuan menjadi Anggota baru yakni dengan melakukan pendaftaran menjadi Anggota dan membayar Layanan (Application Fee dan Biaya tahunan Layanan).